Google+ Followers

Senin, 04 Februari 2013

alat musik tradisional kalimantan barat


Indonesia memiliki berbagai macam seni. Dan masing-masing seni diadopsi dari berbagai budaya yang unik dari setiap daerah di Indonesia, salah satunya adalah seni musik tradisional kalimantan barat.
Di kalimantan barat memiliki berbagai macam alat musiknya, seperti di bawah ini gan...

==== Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat ====

Gong/Agukng, Kollatung (Uut Danum) merupakan alat musik pukul yang terbuat dari kuningan, merupakan alat musik yang multifungsi baik sebagai mas kawin, sebagai dudukan simbol semangat dalam pernikahan. maupun sebagai bahan pembayaran dalam hukum adat.


Tawaq (sejenis Kempul) merupakan alat musik untuk mengiringi tarian tradisional masyarakat Dayak secara umum. Bahasa Dayak Uut Danum menyebutnya Kotavak.

Sapek merupakan alat musik petik tradisional dari Kapuas hulu dikalangan masyarakat Dayak Kayaan Mendalam kabupaten Kapuas hulu. Pada masyarakat Uut Danum menyebutnya Konyahpik (bentuknya) agak berbeda sedikit dengan Sapek.

Balikan/Kurating merupakan alat musik petik sejenis Sapek, berasal dari Kapuas Hulu pada masyarakat Dayak Ibanik, Dayak Banuaka".

Kangkuang merupakan alat musik pukul yang terbuat dari kayu dan berukir, terdapat pada masyarakat Dayak Banuaka Kapuas Hulu.

Keledik/Kedire merupakan alat musik terbuat dari labu dan bilah bambu di mainkan dengan cara ditiup dan dihisap, terdapat di daerah Kapuas Hulu. Pada suku Dayak Uut Danum di sebut Korondek.

Entebong merupakan alat musik Pukul sejenis Gendang yang banyak terdapat di kelompok Dayak Mualang di daerah Kabupaten Sekadau.

nah gan, sekarang udah taukan semua alat musik yang ada di kalimantan barat. So.. no many talk, cuma ngingetin aja , sebagai generasi penerus bangsa kita harus terus menjaga dan melestarikan budaya warisan nenek moyang kita.

oke.. saya rasa sampai disini dulu ya postingnya n sampai bertemu lagi di posting saya berikutnya :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar